UNPAB Umumkan Pendaftaran KIP Kuliah Tahun Akademik 2025/2026, Buka Peluang Bagi Siswa Berprestasi dari Keluarga Kurang Mampu

23 June 2025


Medan, 18 Juni 2025 – Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) secara resmi mengumumkan pembukaan pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP KULIAH) Tahun Akademik 2025/2026 bagi lulusan SMA/SMK atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik namun terkendala keterbatasan ekonomi.

Informasi ini merujuk pada pengumuman resmi dari laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id mengenai jadwal pendaftaran, seleksi, dan penetapan peserta KIP Kuliah Tahun 2025.

Jadwal Penting:

  1. Pendaftaran Online: 4 Februari 2025

  2. Penutupan Pendaftaran untuk Pilihan PTS UNPAB: 31 Juli 2025

  3. Seleksi dan Verifikasi Berkas: Agustus 2025

  4. Penetapan Hasil Verifikasi Internal UNPAB: September 2025

  5. Pengumuman Peserta Lolos: Oktober 2025

Persyaratan Pendaftaran:

Calon pendaftar adalah siswa lulusan tahun 2023 atau 2024 yang memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Memiliki NISN, NPSN, dan NIK

  • Memiliki potensi akademik baik namun berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi

  • Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP)

  • Atau berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH)/pemegang KKS/keluarga dengan penghasilan maksimal Rp 4 juta per bulan atau Rp 750 ribu per anggota keluarga

  • Usia maksimal 22 tahun saat mendaftar

UNPAB mengajak seluruh siswa berprestasi dari latar belakang ekonomi tidak mampu untuk memanfaatkan kesempatan ini sebagai langkah awal dalam meraih pendidikan tinggi berkualitas secara gratis melalui program KIP Kuliah.

Untuk informasi lebih lanjut, pendaftar dapat mengakses website resmi KIP Kuliah di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau menghubungi pihak kampus UNPAB melalui unpab@pancabudi.ac.id.

Kelengkapan Berkas Pendaftaran:

Calon peserta wajib menyiapkan berkas-berkas berikut dalam bentuk rangkap satu dan dimasukkan ke dalam map berwarna biru:

  1. Formulir pendaftaran online KIP Kuliah 2025.

  2. Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga.

  3. Fotokopi rapor semester 1–5 (lulusan 2024) atau 1–6 (lulusan 2023) yang dilegalisir.

  4. Fotokopi ijazah dan SKHU yang dilegalisir.

  5. Surat Keterangan Lulus (SKL) dari sekolah.

  6. Surat keterangan peringkat dan bukti prestasi lain (ekstrakurikuler) yang dilegalisir.

  7. Fotokopi KIP/KKS/PKH atau surat keterangan tidak mampu dari kelurahan/kepala desa.

  8. Fotokopi rekening listrik terakhir atau bukti pembayaran PBB.

  9. Surat berbadan sehat.

  10. Foto rumah (tampak depan, samping, dapur, ruang tamu).

  11. Foto calon mahasiswa bersama keluarga di ruang tamu.

Berkas wajib diurutkan sesuai daftar dan pada halaman depan map harus mencantumkan:

  • Nama lengkap

  • Pilihan Program Studi 1 dan 2

  • Nomor HP aktif

Verifikasi dan Kontak Penting:

Berkas akan diverifikasi oleh Biro Kemahasiswaan UNPAB. Apabila peserta dinyatakan LULUS seleksi, maka berkas akan menjadi bagian dari dokumen administrasi resmi universitas.

Untuk informasi lebih lanjut, peserta dapat menghubungi:

  • Daud Arifin, S.E., M.M: 0813-9621-5903 (Telp/WA)

  • Widya Rahayu: 0813-7735-4661 (WA)


Visi

Menjadi Fakultas yang tekemuka, religius yang mampu menguasai dan mengembangkan konsep pengetahuan berdasarkan pada ilmu hukum, ekonomi pembangunan, manajemen, akuntansi, perpajakan demi kemaslahatan umat 2030.

Misi

  1. Menjalankan nilai-nilai religius dengan budaya tamadun mandiri UNPAB;
  2. Menjadikan FSS sebagai Fakultas yang terkemuka mampu bersaing di bidang akademik dan membangun kerjasama industri secara Nasional maupun Internasional pada 2030.
  3. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai wujud menguasai dan mengembangkan konsep pengetahuan berdasarkan pada ilmu hukum, ekonomi pembangunan, manajemen, akuntansi dan perpajakan demi kemaslahatan ummat

Universitas Pembangunan Panca Budi

Sosial Sains

Jl. Jend. Gatot Subroto Km. 4,5 Medan

111
222

"Kampus Asri, Bersih, Lestari dan Hemat Energi"