Prodi Akuntansi Kuliah Umum Creative Accounting Vs Tax Planning

24 May 2019


Fakultas Sosial Sains Program Studi Akuntansi melaksanakan Kuliah Umum Program Studi Akuntansi dengan tema Creative Accounting Vs Tax Planning yang di adakan di gedung D ruang baca Perpustakaan pada tanggal 23 Mei 2019 dimulai pukul 12:30 WIB.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Dekan Fakultas Sosial Sains Dr. Surya Nita, S.H., M.Hum. Ka.Prodi Akuntansi Anggi Pratama Nasution, SE., M.Si serta Dosen Prodi Akuntansi.

Dalam hal ini pemateri membahas Mengapa Creative Accounting? Creative accounting diterapkan oleh perusahaan karena beberapa kondisi, seperti bervariasinya prinsip akuntansi, dalam rangka penerapan prinsip akuntansi yang agresif, dalam rangka earnings management, pelaporan keuangan yang benar-benar menyimpang (outright fraudulent financial reporting)

Prinsip Akuntansi yang Bervariasi yaitu Fleksibilitas Pelaporan Keuangan, sedagkan yang di maksud dengan Tax Planning adalah langkah awal dalam manajemen pajak (sarana untuk memenuhi kewajiban perpajakan dengan benar tetapi jumlah pajak yang dibayarkan dapat ditekan serendah mungkin untuk memperoleh laba dan likuiditas yang diharapkan).

Langkah selanjutnya adalah pelaksanaan kewajiban perpajakan (tax implementation) dan pengendalian pajak (tax control). Pada tahap perencanaan pajak ini dilakukan pengumpulan dan penelitian terhadap peraturan perpajakan. Umumnya perencanaan pajak (tax planning) merujuk kepada proses merekayasa usaha dan transaksi Wajib pajak supaya utang pajak berada dalam jumlah yang minimal tetapi masih dalam bingkai peraturan perpajakan.

 


Visi

Menjadi Fakultas yang tekemuka, religius yang mampu menguasai dan mengembangkan konsep pengetahuan berdasarkan pada ilmu hukum, ekonomi pembangunan, manajemen, akuntansi, perpajakan demi kemaslahatan umat 2030.

Misi

  1. Menjalankan nilai-nilai religius dengan budaya tamadun mandiri UNPAB;
  2. Menjadikan FSS sebagai Fakultas yang terkemuka mampu bersaing di bidang akademik dan membangun kerjasama industri secara Nasional maupun Internasional pada 2030.
  3. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai wujud menguasai dan mengembangkan konsep pengetahuan berdasarkan pada ilmu hukum, ekonomi pembangunan, manajemen, akuntansi dan perpajakan demi kemaslahatan ummat

Universitas Pembangunan Panca Budi

Sosial Sains

Jl. Jend. Gatot Subroto Km. 4,5 Medan

111
222

"Kampus Asri, Bersih, Lestari dan Hemat Energi"