EKONOMI PEMBANGUNAN

27 February 2018


Status Program Studi Ekonomi Pembangunan:
a.    Pada tanggal 22 Mei 1986 mendapat status TERDAFTAR berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Nomor 0387/0/1986
b.    Status Terakreditasi berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor 106/SK/BAN-PT/AK-XV/S1/IV/2013  tanggal 04 April 2013

Visi Program Studi Ekonomi Pembangunan sampai dengan tahun 2028 sebagai berikut : “ Menjadi program studi yang menghasilkan lulusan berkarakter religius dan unggul di bidang ilmu ekonomi pada peminatan moneter dan perbankan, ekonomi publik dan sumber daya alam , ekonomi syariah di tingkat ASEAN tahun 2028 serta bermanfaat bagi kemaslahatan umat”.
Tabel

1. Keselarasan Antara Visi UNPAB, Fakultas Ekonomi, dan Program Studi Ekonomi Pembangunan
VISI UNPAB VISI FEB
VISI PRODI EKONOMI PEMBANGUNAN
Menjadi Perguruan Tinggi Swasta Yang Terkemuka Berbasis Religius Dalam Mengembangkan IPTEK Yang Bermanfaat Bagi Kemaslahatan Umat.

Menjadi Fakultas Ekonomi yang menghasilkan lulusan berkarakter religius dan berkompetensi unggul ditingkat ASEAN tahun 2028 dalam bidang ilmu ekonomi manajemen dan akuntansi serta bermanfaat bagi kemaslahatan umat

Menjadi program studi yang menghasilkan lulusan berkarakter religius dan unggul di bidang ilmu ekonomi, pada peminatan moneter & perbankan, ekonomi publik & sumber daya alam, ekonomi syariah di tingkat ASEAN tahun 2028 serta bermanfaat bagi kemaslahatan umat
Pernyataan visi Program Studi Ekonomi Pembangunan bertujuan untuk menggambarkan kondisi masa depan yang diharapkan oleh semua pemangku kepentingan, dimana rumusan Visi Program Studi mengandung 3 (tiga) kata kunci utama, yaitu :

1) religius, 2) unggul dibidang ilmu ekonomi pada peminatan; a) moneter dan perbankan, b) ekonomi publik dan sumber daya alam c) ekonomi syariah, 3) kemaslahatan umat dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Pernyataan “religius” bermakna memiliki integritas dan tanggung jawab yang tinggi dalam mengamalkan keilmuannya sebagai seorang muslim, serta dapat mengaktualisasi islam sebagai perilaku dan tata nilai dalam setiap tindakan atau aktivitasnya. Religius di sini terdapat dalam mata kuliah pendidikan agama metafisika 1, 2, dan 3.

2. Pernyataan “unggul” artinya bahwa masyarakat luas mempercayai dan menjadikan Universitas Pembangunan Pancabudi sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik yang menjadi sasaran untuk memperoleh pendidikan dalam bidang ekonomi pembangunan. Dilihat dari unggul dalam kecerdasan dan unggul dalam kreativitas.

Unggul yang pertama yang dimaknai seluruh sivitas akademika memiliki multi kecerdasan yaitu;

a. Cerdas Intelektual, diharapkan seluruh sivitas akademika memiliki kemampuan akademik yang dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara profesional sesuai dengan tuntutan jaman melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran. Cerdas intelektual disini terdapat pada matakuliah Ekonomi Pembangunan, ekonometrika, statistik deskriptif non parametrik, ekonomi internasional, ekonomi moneter, ekonomi publik dan komputer aplikatip.

b. Cerdas emosi, diharapkan seluruh sivitas akademika memiliki kesadaran diri yang jujur tentang dirinya serta mampu berpikir dan bertindak visioner melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Cerdas emosi disini terdapat pada mata kuliah analisis kependudukan, administrasi pembangunan, ekonomi industri dan ekonomi kemiskinan.

c. Cerdas spiritual, diharapkan seluruh sivitas akademika memiliki integritas melalui kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sehingga mampu menyelesaikan berbagai persoalan dalam masyarakat. Cerdas spiritual disini terdapat pada matakuliah pendidikan agama metafisika 1, 2 dan 3.

d. Cerdas sosial, diharapkan seluruh sivitas akademika memiliki kemampuan berpikir dan bertindak untuk menjalankan peran sivitas akademika sebagai makhluk sosial di dalam

menjalin hubungan dengan lingkungan atau kelompok masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Cerdas sosial disini terdapat pada matakuliah sumber daya alam dan lingkungan, Analisis dampak lingkungan, serta Ekonomi Perkotaan dan Transportasi.

Unggul yang kedua, pernyataan unggul dalam kreativitas yang dimaknai bahwa seluruh sivitas akademika memiliki kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan caracara baru dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan melaksanakan penelitian terapan dan murni. Serta unggul di bidang ilmu ekonomi dalam peminatan:

a) Moneter dan perbankan dimaknai mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan ilmu ekonomi ekonomi moneter dan perbankan. Ilmu Ekonomi moneter dan perbankan diberikan pada mata kuliah peminatan Ekonomi moneter dan perbankan.

b) Ekonomi publik dan sumber daya alam dimaknai mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan ilmu ekonomi publik dan sumber daya alam. Ilmu ekonomi publik dan sumber daya alam diberikan pada mata kuliah peminatan ekonomi publik dan sumber daya alam.

c) Ekonomi syariah dimaknai mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan ilmu ekonomi syariah. Ilmu ekonomi syariah diberikan pada peminatan ekonomi syariah.

3. Pernyataan “kemaslahatan umat” dimaknai dengan kemajuan peradaban dan berkembang sesuai dengan perkembangan lingkungan yang di implementasikan pada penelitian, pengabdian di desa binaan pada Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara, serta Penanaman Pohon Mahoni di Sibolangit Kabupaten Deli Serdang.


Visi di atas, dijabarkan lebih rinci kedalam misi program studi ekonomi pembangunan sebagai berikut: 1. Mengimplementasikan nilai-nilai profesional, akhlak (attitude), pengabdian (devotion), tanggungjawab (integrity) Panca Budi dalam kegiatan akademik.

2. Membangun jaringan kerjasama ditingkat nasional dan internasional dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi terkait dengan ilmu ekonomi pembangunan.

3. Mengembangkan Iptek dan Imtaq dengan menggali sumber-sumber ilmu ekonomi ekonomi moneter dan perbankan, ekonomi publik dan sumberdaya alam dan ekonomi syariah yang berfaedah untuk kemaslahatan umat melalui penyelenggaraan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. 

Berdasarkan visi dan misi diatas program studi ekonomi pembangunan menyusun tujuan  Program Studi Ekonomi Pembangunan sebagai berikut :

1. Menghasilkan lulusan sarjana yang berkarakter religius dan unggul sebagai praktisi ekonomi moneter dan perbankan, ekonomi publik dan sumberdaya alam dan ekonomi syariah.

2. Menghasilkan lulusan yang mandiri, menguasai konsep dan mengembangkan teori ekonomi moneter dan perbankan, ekonomi publik dan sumberdaya alam, dan ekonomi syariah sebagai birokrat pemerintahan, akademisi, peneliti dan bisnis.

3. Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang mampu bersaing di tingkat ASEAN


Visi

Menjadi Fakultas yang tekemuka, religius yang mampu menguasai dan mengembangkan konsep pengetahuan berdasarkan pada ilmu hukum, ekonomi pembangunan, manajemen, akuntansi, perpajakan demi kemaslahatan umat 2030.

Misi

  1. Menjalankan nilai-nilai religius dengan budaya tamadun mandiri UNPAB;
  2. Menjadikan FSS sebagai Fakultas yang terkemuka mampu bersaing di bidang akademik dan membangun kerjasama industri secara Nasional maupun Internasional pada 2030.
  3. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai wujud menguasai dan mengembangkan konsep pengetahuan berdasarkan pada ilmu hukum, ekonomi pembangunan, manajemen, akuntansi dan perpajakan demi kemaslahatan ummat

Universitas Pembangunan Panca Budi

Sosial Sains

Jl. Jend. Gatot Subroto Km. 4,5 Medan

111
222

"Kampus Asri, Bersih, Lestari dan Hemat Energi"